Merampok di Banyuwangi Diringkus di Jember

Lagi Tidur: Tersangka Tukirin tidak berkutik saat polisi mendatangi rumah saudaranya di Desa Umbulrejo, Kecamatan Umbulsari. (POLSEK UMBULSARI for Radar Jember)

Tukirin,71, pria asal Desa Pucang Sawit, Kecamatan Jebres, Kabupaten Surakarta, Jawa Tengah  harus berurusan dengan polisi. Pasalnya, beberapa waktu lalu pelaku merampok di rumah Siti Masruroh, Desa Kedung Gebung, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi.

Pelaku masuk ke rumah korban kemudian mengikat dan mengancam korban dengan celurit. Saat korban tidak berdaya, pelaku meminta korban menunjukan tempat perhiasan uang dan kunci kendaraan korban.

Setelah pelaku mendapatkan barang berharga korban, lantas pelaku meninggalkan korban tetap dalam keadaan terikat. “Jadi waktu itu pelaku berhasil membawa kabur uang tunai tiga juta rupiah, perhiasan dan kendaraan bermotor korban. Kerugian korban sekitar belasan juta rupiah,” kata Bripka Arik Sutanto, Kanit Reskrim Umbulsari.

Atas laporan atas dasar tersebut, Unit Resmob Selatan Satreskrim Polres Banyuwangi melakukan penyelidikan. Sampai akhirnya mendapat Informasi bahwa diduga pelaku dengan ciri-ciri yang diceritakan korban berada di wilayah Jember. Ternyata pelaku berada di rumah sepupunya di Desa Umbulrejo, Kecamatan Umbulsari.

Rupanya benar adanya, saat petugas melakukan penggerebekan pelaku ditemukan sedang tertidur di ruang depan rumah saudaranya. “Saat kami lakukan penggeledahan badan didapati perhiasan emas milik korban dan sejumlah uang tunai hasil kejahatan pelaku,” tuturnya.

Saat diamankan polisi, pelaku mengaku tidak seorang diri. Ada satu orang rekannya yang juga menjadi pelaku saat merampok. Polisi pun menangkap Samsul Hadi, yang merupakan tetangga korban. Keduanya saat ini sudah berada di Mapolres Banyuwangi untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.

(jr/mar/wah/das/JPR)