Masyarakat Desa Butuh Notaris

SAMBANG DESA: Widha Sari Wijaya (kanan), bersama para notaris dan warga desa Karanganyar Ambulu. (rully effendi/radar jember)

Peran notaris sangat penting, terlebih soal wewenang membuat akta otentik tentang perjanjian. Namun rupanya, masih banyak masyarakat desa yang minim pengetahuan soal itu.

Menyikapi hal tersebut, Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia (INI) Jatim, menggandeng para kepala desa (Kades) di tiga kecamatan seperti Ambulu, Wuluhan, dan Balung, Kamis (22/3) kemarin. “Tentu kami bangga, karena desa kami ditunjuk jadi tempat notaris masuk desa,” kata Sunaryo, Kades Karanganyar, Ambulu.

Ketua Penyelenggara Notaris Masuk Desa Widha Sari Wijaya, menjelaskan road show di Desa Karanganyar, Kecamatan Ambulu tersebut, tak lain menjalankan gagasan Pengurus Wilayah INI Jatim yang kemudian direalisasikan Pengurus Daerah INI Jember – Bondowoso.

Para notaris di Jember tak jalan sendiri sebab Pemkab Jember juga ikut merajut komitmen bersama. Seperti kemarin, Pengurus Daerah INI Jember-Bondowoso menggandeng Bagian Hukum dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Jember. Bahkan, Camat Ambulu Sutarman, mengapresiasi program tersebut.

Ketua Ikatan Notaris Indonesia Jember Bondowoso Muti’atul Khasanah, menerangkan tujuannya road show ke sejumlah desa tak lain untuk berbagi ilmu dan pengelaman. Namun yang pasti, notaris juga ingin mengedukasi warga desa tentang pentingnya kenotariatan.

Kata Mutiatul, notaris masuk desa itu, untuk mensinergikan antara peran notaris dengan program desa, seperti BUMDes yang mulai banyak digarap serius oleh masing-masing desa.

Program Notaris Masuk Desa yang digelar di kantor Desa Karanganyar Ambulu, bukan hanya top down. Sebab peserta yang diundang, tampak aktif berdiskusi dan konsultasi. “Kami juga siap membantu masyarakat desa lain membutuhkan penyuluhan hukum,” janjinya.

INI Jember Bondowoso, memiliki komitmen tegas mengawal masyarakat dan pemerintahan desa. Sebagai wujud pengabdiannya, beberapa desa yang ada di Kabupaten Jember akan didatangi bergiliran seperti di Desa Karanganyar.

(jr/rul/wah/das/JPR)

IKLAN

Reporter :

Fotografer :

Editor :