Jelang Lebaran, Banyak Penipuan

LUMAJANG, RADARJEMBER.ID – Lebaran tinggal menghitung hari. Banyak orang mulai mempersiapkan diri. Meski disibukkan dengan persiapan hari raya, masyarakat tetap harus berhati-hati. Sebab, mendekati Lebaran, banyak orang tega melakukan kejahatan. Salah satunya penipuan yang menimpa Ibu Kartani dan Bapak Ponamat.

“Tega sekali orang yang beli dagangan Ibu Kartani dan Bapak Ponamat ini, pakai uang mainan. Mandar kuwalat sing gawe duwek mainan. Lokasi perempatan Grand Tulip Jl Bromo/Lawu Karangsari, Sukodono, Lumajang,” tulis akun Es Doger Segelas Cinta.

Dia mengunggah dua foto yang memperlihatkan dagangan dan uang mainan serta Ibu Kartani. Menurut informasi, kedua orang tersebut berasal dari Kandang Tepus, Senduro.

Mereka berjualan di perempatan Karangsari. Unggahan tersebut mendadak ramai. Banyak akun yang mempertanyakan kebenaran informasi tersebut. “Iki temenan tah? Kok koyok e gambar e surem ngene, koyok wes lawas,” tanya Maman Rockmantic.

Pertanyaan tersebut langsung dibalas cepat oleh pengunggah. “Saya sendiri yang foto tadi Mas mau Magrib,” balasnya.

Tak sedikit akun lain menyumpahi si penipu. Meski belum tahu siapa orang yang menipu, mereka bersama-sama mendoakan yang terbaik untuk keduanya. “Semoga Allah menggantikan rezeki yang berlipat ganda sama si nenek. Aamiin,” tulis David Juni. Ita Maria juga ikut berkomentar “Ya Allah semoga dapat gantinya yang lebih baik. Dan yang tega ngelakuinnya semoga kena azab,” komentarnya.

Pembaca koran Jawa Pos Radar Semeru, tetap berhati-hati ya. Jika di tengah perjalanan mengetahui hal seperti ini, segera laporkan ke pihak yang berwajib. Dan, mari kita doakan Ibu Kartani dan Bapak Ponamat diberikan rezeki yang melimpah. Amin.

Jurnalis: mg2
Editor: Hafid Asnan