Ubah Mekanisme Dana Cabor

JEMBER – Pemkab Jember membuat terobosan dalam pembinaan olahraga. Selain menghentikan mekanisme hibah, mulai tahun ini pencairan anggaran pembinaan cabang olahraga (cabor) berbasis kegiatan atau prestasi yang diraih setiap cabor.

Mekanisme tersebut disosialisasikan langsung oleh Bupati Jember dr Faida bersama Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jember, KONI, dan dihadiri seluruh perwakilan cabor di aula Pemkab Jember, kemarin (18/5) sore.   “Kalau dulu pencairan berbasis KONI, sekarang berbasis kegiatan dari setiap cabor. Tidak lagi hibah, karena sesuai aturan hibah tidak bisa dilakukan berulang kali,” terang Faida saat ditemui Jawa Pos Radar Jember usai pertemuan.

Dengan mekanisme baru tersebut, kata dia, cabor tidak lagi menerima dana di awal atau akhir kegiatan. Sebab, cabor harus mengajukan dulu rencana kegiatan atau event yang akan diikuti kepada Pemkab Jember, baik yang berskala lokal, nasional, maupun internasional.

Melalui format baru ini, Faida berharap, anggaran Pemkab Jember untuk pembinaan atlet bisa benar-benar untuk meningkatkan pembinaan dan prestasi atlet. Selain itu, verifikasi terhadap organisasi cabor di Jember juga terus berjalan agar dana pembinaan benar-benar cair kepada organisasi yang aktif menjalankan pembinaan. “Saya tidak ingin anggaran ini sebagian besar disalurkan untuk menggaji pengurus, tapi harus berdasar kegiatan. Kalau kemarin kan masih jalan sendiri-sendiri,” tegasnya.

       Dia memastikan, pencairan dana pembinaan untuk cabor tetap akan dilakukan dispora melalui KONI. Selain dana pembinaan kegiatan, masih ada beberapa jenis dana lain yang bisa dicairkan. Untuk dana pemenuhan sarana-prasarana (sarpras) sesuai standar minimal, akan diambilkan dari anggaran yang ditetapkan di Dinas PU Cipta Karya. “Jadi di Cipta Karya ada anggaran untuk revitalisasi ruang terbuka hijau. Nantinya itu bisa sekalian untuk sarpras berlatih bagi beberapa cabor di setiap lapangan terbuka,” tutur Faida.

Adapun untuk peningkatan kualitas pelatih/instruktur olahraga, dananya bisa diambilkan dari Dinas Pendidikan (Dispendik) Jember. “Di dalam dana BOS salah satu itemnya ada yang bisa digunakan untuk peningkatan instruktur olahraga. Ini bisa untuk semua cabor yang ada di sekolah,” terangnya.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar