Bisa Memanfaatkan Jalur SBMPTBR

JEMBER – Sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) di Jember memiliki banyak jalur penerimaan mahasiswa baru. Baik itu yang berbasis prestasi maupun tertulis dengan beragam istilah.

Namun, bagi calon mahasiswa yang masih belum berhasil menembus PTN di berbagai jalur penerimaan tidak perlu putus asa. Sebab, di Jember dan sekitarnya masih banyak perguruan tinggi swasta yang bisa menjadi pilihan tempat studi.

Tahun ini belasan perguruan tinggi swasta (PTS) dan PTN di Jember melakukan penerimaan bersama mahasiswa baru yang bernama Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR). Dengan mendaftar di SBMPTBR, calon mahasiswa bisa mendaftar ke lintas kampus tanpa harus mendatangi masing-masing kampus yang akan dituju.

Kampus-kampus yang tergabung di SBMPTBR adalah kampus yang berdiri di Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo, Lumajang, dan Probolinggo. Mekanisme seleksinya melalui ujian tertulis yang diselenggarakan secara serentak.

SBMPTBR merupakan implementasi kerja sama Forum Silaturahim PTN-PTS se-Besuki Raya. Kerja sama ini merupakan bagian dari usaha memberikan akses pendidikan bagi lulusan pendidikan menengah dan sederajat untuk mencapai pendidikan yang lebih tinggi. 

“Hal ini bermaksud untuk memberikan peluang bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu perguruan tinggi lintas kabupaten di Eks Karesidenan Besuki,” kata Farid Wahyudi, humas STIE Mandala, salah satu kampus penyelenggara SBMPTBR. Salah satu lokasi ujian SBMPTBR nantinya juga di STIE Mandala.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar