Harga Naik, Bulog Langsung Operasi Pasar

JEMBER – Kenaikan sejumlah bahan pokok menjelang Ramadan di pasaran langsung direspon oleh Bulog. Mulai kemarin (17/5) Bulog Sub Divre XI Jember langsung melakukan operasi pasar di Pasar Tanjung bagian Selatan, tepatnya di Jl Trunojoyo dekat lampu merah. Banyak warga yang  langsung membeli sejumlah bahan pokok yang harganya jauh lebih murah dari pasar.

Wakil kepala Bulog Sub Dirve XI Jember, Dwiana, kepada Jawa Pos Radar Jember, Rabu (17/5) menuturkan, operai pasar digelar untuk mengantisipasi gejolak harga saat Ramadan. Bulog sudah menyiapkan sejumlah kebutuhan pokok penting, seperti minyak, beras, bawang merah, gula, tepung terigu.

Dia menjelaskan, sejauh ini, gudang Bulog Sub Divre XI Jember ada stok beras sebanyak 10 ton. Sementara, persediaan gula untuk kebutuhan sepajang Ramadan ada sebanyak 11.300 ton. “Untuk minyak sendiri kami memiliki persediaan yang cukup,” ujarnya di sela kegiatan Gerakan Stabilisasi Pasar (GSP) hari pertama di areal Pasar Tanjung.

Bulog Suv Divre XI Jember juga mengantisipasi kenaikan gula saat Ramadan seperti tahun lalu. “Saat itu harga gula terus melonjak hampir tanpa kendali,” ujarnya. Stok gula yang dimiliki Bulog Sub Divre XI saat ini diyakini akan cukup meredam gejolak harga. Persediaan tersebut, nantinya akan dilepas ke masyarakat harga dibawah harga yang berlaku di pasaran.

Kegiatan GSP yang dilakukan pagi itupun, kata dia, dalam rangka meredam sejak dini merangkaknya sejumlah kebutuhan pokok. Pasalnya, sejak beberapa hari terakhir, sejumlah barang kebutuhan pokok sudah menunjukkan kenaikan. Kendati tidak signifikan.

Dia mensinyalir, penurunan bawang merah yang sempat naik beberapa waktu lalu lantaran masyarakat, juga pedagang besar, mendengar perihal rencana bulog bakal menggelar GSP. Beberapa hari kemarin, tuturnya, harga bawang merah sempat mencapai Rp 27 ribu per kilogramnya. Dan kemarin, di hari pertama Bulog Sub Divre XI menggelar GSP, harga bawang merah sudah turun menjadi Rp 24 ribu per kilogramnya. “Mungkin masyarakat kita sudah tahu jika bulog punya program stabilisasi pangan, sehingga harganya sudah cenderung turun. Di GSP ini kita jual bawang merah hanya Rp 21 ribu. Gula yang di pasaran sekarang seharga Rp 12,5 ribu per kg, kami jual Rp 12 ribu per kg,” tambahnya. (was/aro/har/jawapos.com) 


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar