Latar Animasi, Dalang sebagai Pemandu Acara

Sejumlah anak muda tampak datang berbondong-bondong menuju ke salah satu lokasi tempat nongkrong di daerah Baratan Patrang, beberapa waktu lalu. Sebagian besar pengunjung yang rata-rata anak muda ini tampak memadati panggung yang ada di lantai 1 bangunan utama.

Mereka tampak antusias untuk mengikuti pertunjukan yang sedang digelar di tempat tersebut.

Namun saat tim Jawa Pos Radar Jember datang, ternyata yang ditampilkan bukan band, pentas seni dan sebagainya. Malah yang ditampilkan dalam gelaran ini adalah wayang kulit.

Di sini, wayang kulit itu menceritakan tentang hikayat Rama dan Sinta. Sayup-sayup terdengar suara bagaimana sang dalang Ki Suwito Sudrun mengantarkan cerita wayang tersebut.

Makin lambat semakin terdengar jelas bagaimana suara sang dalang ini. Ternyata sang dalang tidak menceritakan cerita wayang dengan menggunakan tutur bahasa Jawa halus sepetti layaknya wayang kulit. Namun cerita ini disampaikan dengan menggunakan bahasa Indonesia dan juga campuran Jawa dan Madura.

Begitu juga saat sinden menyanyi latar lagu yang mengiringi cerita. Wanita-wanita cantik ini tidak hanya duduk saja. Mereka malah berdiri layaknya seorang penyanyi biduan di atas panggung.

1
2
3

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar