Kompetisi Pertama, Puas di Posisi 20 Besar Dunia

Jika dikaitkan dengan olahraga sepeda, nama Alfan Wirawan Noerrochman tentu tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Di Jember, Alfan termasuk salah seorang pemuda yang getol bersepeda. Tak hanya dalam kegiatan sehari-hari, dirinya juga ‘bekerja’ bersama sepeda fixed gear kesayangannya. Dengan beberapa orang rekan kuliahnya, mereka membentuk layanan bike messenger yang menjadi jasa pengantar barang di kawasan kota Jember.

Selain aktif sebagai bike messenger, Alfan juga tak pernah absen mengikuti lomba-lomba balap sepeda yang diadakan di berbagai tempat di Indonesia. Untuk memperluas jaringan serta menambah pengalaman, beberapa waktu lalu dirinya menjajal kompetensinya dengan unjuk gigi dalam kompetisi lomba balap sepeda di tingkat internasional. Even pertamanya adalah Ipoh Cycle Festival (ICF) 2017.

ICF adalah kompetisi internasional yang diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai negara. Merujuk pada media sosialnya, peserta IFC 2017 berasal dari Australia, Brunei Darusalam, Irlandia, Indonesia, Afrika Selatan, Mexico, Perancis, Inggris, Skotlandia, hingga Italia dan Belanda. Terdapat beragam varian lomba yang digelar. Salah satunya adalah criterium.

Criterium merupakan jenis balap sepeda yang khusus dibuka untuk peserta fixed gear. Sirkuitnya dibuat di kawasan tengah kota dengan menggunakan jalan beraspal. “Jadi semacam street race, tapi ada sirkuitnya,” tutur Alfan.

Indonesia mengirimkan dua tim serta satu individu. Salah satunya adalah tim Bidonesia yang berasal dari Jakarta. Alfan menjadi satu-satunya peserta asal Jember yang tergabung dalam tim tersebut. “Yang lainnya dari Jakarta semua,” lanjutnya.

Ini tentu menjadi kendala. Sebab, criterium adalah olahraga tim. Dengan terpisah jauhnya Alfan dengan empat temannya di Bidonesia, dirinya harus mencari cara untuk berlatih menempuh jarak yang begitu panjang dengan tingkat kesulitan yang tinggi. “Ya mau tidak mau latihan sendiri di rumah, pakai roller. Kadang lewat jalur Bintoro,” kenangnya.

1
2
3

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar