Nanin Lindiyawati: Tinggal di Kos-kosan Sejak Kelas 1 SD

Nanin bukan lahir dari keluarga yang cukup berada. Kedua orangtuanya yang kala itu bekerja di bidang perkebunan membuat mereka harus berpindah-pindah dari satu daerah ke daerah yang lain. Bahkan Nanin sempat tinggal di kos-kosan selama tiga tahun waktu masih duduk di bangku SD.

Ini menjadi pengalaman yang paling tak terlupakan oleh bungsu dari dua bersaudara tersebut. Ketika anak-anak SD seusianya tinggal bersama orang tua mereka, Nanin dan kakaknya dititipkan di kos-kosan salah satu rekan kerja orang tua mereka. “Nggak pernah ada kan, anak kelas 1 SD ngekos? Ya baru saya ini,” ujarnya sembari tertawa.

Sifat mandirinya memang sudah tercipta sejak kecil. Karena orang tua harus pindah-pindah lokasi pekerjaan, Nanin dan kakaknya harus dititipkan di tempat kos selama tiga tahun mulai kelas 1 hingga 3 SD. Bahkan ketika sudah punya rumah sendiri pun, mereka hanya tinggal bersama pembantu. “Orang tua hanya datang sesekali, sekitar sebulan sekali,” kenangnya.

Setiap bulan, Nanin dan kakaknya juga harus mengelola keuangan mereka sendiri. Jika diberi uang saku, mereka harus bisa menghemat supaya tetap bisa bertahan sampai satu bulan. “Tapi seringnya belum satu bulan sudah habis,” selorohnya.

Kalau sudah dapat uang saku, tempat pertama yang menjadi jujugan Nanin adalah pedagang mie ayam. Baginya kala itu, mie ayam merupakan makanan yang sangat mewah. “Pokoknya hal pertama yang saya lakukan setelah dapat uang bulanan adalah beli mie ayam,” kenangnya.

Nanin tak menampik jika awal-awal dirinya harus hidup mandiri dirinya sering dilanda homesick dan kangen pada kedua orang tuanya. Namun lama kelamaan dirinya semakin terbiasa. Kebiasaan ini juga dia rasakan ketika harus berkuliah di Surabaya. “Baru setelah menikah ini saya kembali tinggal dengan orang tua,” akunya.

Pengalamannya ini memberikan pelajaran tersendiri bagi Nanin. Namun dirinya tak ingin kedua anak-anaknya merasakan hal yang sama dengannya. “Sebisa mungkin saya luangkan waktu di sela-sela kesibukan saya dan suami, untuk bisa menghabiskan waktu bersama anak-anak,” pungkasnya. (kl/lin/sh/har/jawapos.com)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar