Hj Retno Winiati Kahar: Dorong Pemuda Berwirausaha

Setiap melihat anak muda yang belajar berwirausaha, Retno selalu terpanggil untuk ikut memberikan semangat. Bahkan, ketika melihat ada anak muda yang berjualan, dia selalu membelinya.

Tantangan sekarang, kata dia, generasi muda, tertutama perempuan harus memiliki karakter yang kuat. Sehingga tidak terpengaruh dengan kemajuan jaman yang bisa membuat terlena. “Kalau bekerja harus fokus dan disiplin,” tuturnya.

Namun, jika sudah memiliki keluarga, harus menjalankan kewajiban dulu yakni mengatur keluarganya dan memiliki rasa tanggung jawab. “Kalau masih pelajar dan berwirausaha, belajar juga jangan dilupakan,” sarannya.

Sebab, sekarang banyak orang yang tidak memiliki pendirian dan mudah terpengaruh. Banyak yang mudah berubah karena ikut modernitas. “Kedisplinan itu bisa dimulai sejak dini, anak-anak harus dipantau perkembangannya,” ujarnya.

Kepedulian itu muncul sebagai rasa kasih sayang pada orang lain, terutama keluarganya. Sebab, semua proses membutuhkan perjuangan agar meraih kesuksesan. “Saya selalu memberi semangat motivasi tinggi dalam bidang usaha,” pungkasnya. (kl/gus/hdi/har/jawapos.com)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar