Hj Retno Winiati Kahar: Peduli Kesehatan, Bergerak di Senam Tera

Kesehatan juga menjadi kata kunci yang tak bisa dilepaskan dalam diri Retno. Baginya, sehat menjadi hal terpenting dalam kehidupan. Orang yang hidup sehat, dia bisa bekerja dan beribadah.

Sehingga kesehatan sang suami dan anak-anaknya selau diperhatikan oleh Retno. Di usianya yang sudah senja, Kegiatan Retno setiap pagi adalah melihat kadar gula darah sang suaminya, merawat dan menjaga kesehatan.

Untuk mewujudkan tubuh yang sehat, Retno memiliki aktivitas sosial, yakni bergiat di senam tera selama 31 tahun. Sejak tahun 1985 dia memulai kegiatan senam di Jakarta. Lalu senam tersebut dibawa ke Jember dengan anggota 6.500. “Tapi sekarang tinggal 2.200,” akunya.

Motivasi aktif di senam tera agar masyarakat bisa mewujudkan hidup yang sehat. Sebab, ketika melakukan senam tersebut, jantung, paru-paru dan anggota tubuh lainnya sehat. Tak heran, di usianya yang sudah 78 tahun, Retno masih terlihat segar dan bugar.

Setiap minggu, sering senam bersama di Alun-Alun Jember. Bahkan dia masih kuat senam selama satu jam seperempat. “Agara senam menarik, saya kolaborasi dengan senam lainnya. Seperti Sajojo,  atau Poco-Poco,” akunya.

Senam yang dilakukannya itu untuk mengajak orang lain agar hidup sehat. Meskipun tidak mudah mengelola anggota senam yang cukup banyak. Tetapi karena memiliki niat yang baik, akhirnya bisa berjalan dengan baik.

Selain itu, senam tera juga menjadi wadah pemersatu para anggota yang berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari kalangan akademisi, pengusaha, ibu rumah tangga dan lainnya. Mereka berasal dari kalangan yang beragam, baik agama maupun daerahnya. (kl/gus/hdi/har/jawapos.com)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar