Gelombang Laut Selatan Mulai Normal

PASIRIAN – Cuaca ekstrem yang mengakibatkan gelombang laut tinggi berangsur membaik. Nelayan di Desa Selok Awar-Awar pun kemarin mulai berani kembali melaut setelah sempat libur beberapa hari.

Pantauan Jawa Pos Radar Semeru (Rame) di TPI Desa Selok Awar-Awar Kecamatan Pasirian, kemarin banyak nelayan yang sudah kembali melaut. Kondisi itu berbeda dengan beberapa hari lalu saat gelombang pantai selatan meninggi.

Sarmono, nelayan setempat mengatakan, kondisi gelombang pantai selatan saat ini terpantau aman untuk melaut. Sehingga dirinya dan beberapa nelayan lainnya mulai melakukan aktivitas seperti hari-hari biasa.

Dia menuturkan, kondisi gelombang beberapa hari yang lalu memang cukup tinggi. Kondisi itu cukup mempengaruhi penghasilannya. “Beberapa hari yang lalu ombak besar, tapi hanya beberapa hari,” katanya.

Menurutnya, kondisi itu sudah biasa dirasakan oleh para nelayan seperti dirinya. Jika cuaca mendung dan sering terjadi hujan, gelombang biasanya tinggi.

Untungnya, hujan yang terjadi beberapa hari ini tidak disertai dengan angin kencang. Sehingga tinggi gelombang tak sampai pada ukuran sangat esktrem. “Untung tidak angin, kalau sama anginnya mungkin gak berani melaut,” tuturnya.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar