Suka Duka Petugas Meja dalam Pertandingan Bola Basket

Di antara sorak sorai penonton, langkah cepat lari pemain, dan suara-suara teriakan pelatih yang silih berganti, lima orang tampak terpaku dan mengarahkan pandangan ke arena pertandingan. Dua di antara mereka menempatkan tangannya di sebuat alat dengan beberapa tombol. Dua lainnya memegang pena, dengan secarik kertas yang menampakkan kotak-kotak berisi runtutan pertandingan.

Kelima orang ini adalah sebagian dari petugas meja, yang memegang peranan tak kalah penting dari sebuah pertandingan basket. Selain pengawas pertandingan yang merupakan bagian dari Komisi Wasit (Komwas), empat orang lainnya merupakan petugas meja dengan beragam tugas yang harus ditangani.

Gracia Ken Sekar, salah satu anggota petugas meja menuturkan, ada empat tugas utama yang menjadi poin penting dalam pertandingan. Yang pertama adalah bell and arrow, yaitu pihak yang bertugas memegang bel serta arrow atau arah tim yang menguasai bola.

Kemudian ada petugas timer and score yang mengoperasikan scoring board serta jalannya waktu pertandingan, penulis scoresheet yang mencatat jalannya pertandingan dalam kertas sko, dan petugas yang mengoperasikan waktu 24 detik.

“24 detik adalah waktu maksimal satu tim boleh men-dribble bola sebelum mencoba memasukkan ke ring,” ujar gadis yang akrab disapa Ken ini.

Masing-masing petugas meja, kata dia, harus bisa mengoperasikan masing-masing posisi. Tetapi tak sedikit pula yang kerap mendapat tugas yang sama dalam setiap pertandingan.

1
2
3
4

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar