Yang Benar dari Atas ke Bawah
BERITA TERKAIT

KALISAT– Pemandangan menarik tersaji di lapangan Kecamatan Kalisat Sabtu (18/3) pagi. Sekitar seribu bocah yang merupakan murid dari beberapa sekolah dasar (SD) di Kecamatan Kalisat menggosok gigi bersama dalam acara peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Dunia 2017.

Ditemani para guru mereka, anak-anak yang mengenakan seragam ini tampak antusias mengikuti pengarahan cara menggosok gigi yang baik dan benar. Pemandu sikat gigi langsung dilakukan para dokter gigi yang tergabung dalam Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Jember.

 “Kami sengaja membidik anak SD, dengan harapan mereka bisa jadi “dokter gigi cilik” atau kader untuk menyebarkan cara gosok gigi yang baik dan benar,” tutur Rahardyan Parnaadji, ketua PDGI Jember.  

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang dikutip PGDI, 90 persen masyarakat Indonesia sudah menyikat gigi minimal dua kali sehari. Namun hanya 2,3 persen diantaranya yang melakukannya di waktu yang tepat, yakni di pagi dan malam sebelum tidur. “Kami sengaja mengadakan di Kalisat, karena tahun lalu PDGI mengadakan di Alun-Alun Jember. Sekarang kami membidik daerah perifer (pinggiran, red) kota,” ujar Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember (FKG Unej) tersebut.

Selain waktu, cara menggosok gigi masyarakat Indonesia juga masih banyak yang salah. Menggosok gigi, menurut Rahardyan seharusnya menggunakan pola dari atas ke bawah, bukan dari kiri ke kanan. Selain itu, menggosok gigi juga tidak boleh dengan kekuatan penuh. “Cara gosok gigi yang salah mempertipis lapisan enamel. Sikat gigi yang tidak tepat juga menyebabkan berbagai penyakit gigi dan mulut,” tutur alumnus FKG dan Magister Kesehatan dari Universitas Airlangga ini.

Nur Paisek, guru SDN 01 Kalisat menilai, pola pembelajaran menyikat gigi melalui praktek dari dokter gigi secara langsung dinilai cukup efektif. Diakuinya, materi menyikat gigi sebenarnya sudah diajarkan di sekolah, namun tidak mendetail. “Banyak juga murid kami yang izin tidak masuk sekolah karena sakit gigi,” pungkas Nur Paisek (ad/aro/jawapos.com)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar