Beberapa Titik di Sekitar Jompo Dipondasi Lagi

JEMBER – Kenyamanan pengendara yang melewati jalan protokol Jalan Sultan Agung --tepatnya di depan pertokoan Jompo-- sedikit terganggu. Pasalnya, ada penggalian di sisi selatan jalan utama tersebut. Yang menarik, penggalian untuk mengeraskan pondasi ini sempat ditemukan telur ular di lokasi.

Berdasarkan pantauan Jawa Pos Radar Jember di lokasi kemarin, jalan yang dibongkar itu hanya selebar 1,5 meter dengan kedalaman sekitar 2 meter. Di area lubang galian tersebut, juga terlihat mengarah ke sisi sungai Jompo yang ada di bawah pertokoan tersebut.

Galian ini dilakukan di sepanjang 50 meter di depan pertokoan, sehingga membuat arus kendaraan pun berjalan pelan disana. Yang menarik, dari pengakuan pekerja mengatakan sempat ditemukan telur ular di galian tersebut. “Ada sampai lima telur tadi yang ditemukan,” ucap salah satu pekerja. Telur ular itu sempat dipecah dan memang ditemukan ada ular di dalamnya.

Dari penggalian tersebut, ditemukan memang di sisi bawah galian pondasi itu kebanyakan adalah pasir. Sebagian pasir banyak yang terbuang ke sungai sehingga ada rongga di bawahnya. Hal inilah yang mungkin akhirnya dilakukan pembongkaran galian tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air Jember Rasyid Zakaria saat dikonfirmasi terkait dengan galian tersebut mengakui jika itu bukan wewenang pihaknya. “Itu jalan provinsi, jadi yang berwenang adalah DPU Bina Marga Jawa Timur yang mengerjakan,” ucap Rasyid.

Namun untuk pelaksanaan pekerjaan itu, diakui Rasyid, sudah berkoordinasi dengan DPU Bina Marga dan SDA Pemkab Jember. “Itu kegiatan membuat pondasi jalan yang diperkuat,” jelasnya. Pasalnya, konstruksi di bawah jalan yang juga menyangga pertokoan Jompo di atasnya itu diakui lendut alias tidak keras lagi.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar