Tampilkan Kekayaan Budaya-Wisata Lewat Seni

Banyaknya wisata alam di Bondowoso, menggugah anak muda Bondowoso yang tengah menimba ilmu di Institute Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Akhir pekan kemarin, mereka menghadirkan kekayaan alam Bondowoso lewat karya.

Sholikhul Huda/Radar Ijen

Berbagai karya seni terpampang di stand pameran yang digelar di depan kantor Perpustakaan Umum Daerah, akhir pekan kemarin. Tepatnya hari Sabtu dan Minggu. Karya seni yang dipamerkan itu berupa lukisan dan seni digital printing. Semuanya memuat kekayaan Bondowoso. Misalkan lukisan topengkona, ojung, dan singo ulung. Berbagai seni budaya itu disajikan dengan lukisan yang menarik.

Selain itu, ada karya seni digital printing. Karya seni ini adalah seni mengolah foto alam seperti halnya foto Kawah Ijen, Kawah Wurung. Foto itu diolah sedemikian rupa sampai menghasilkan foto olahan yang bagus. Karya lainnya seperti karya tari dan teater juga dipersembahkan sebagai pengisi acara. Berbagai karya seni itulah yang disajikan para pemuda Bondowoso yang tengah menempuh studi di ISI Surakarta. Mereka tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Keluarga Bondowoso (Iwakebo).

Ketua Iwakebo Moh Fadlianto mengatakan, ada sekitar 25 pemuda Bondowoso yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Mereka semua memiliki visi dan misi yang sama, yakni ingin lebih mengenalkan Bondowoso di kancah nasional, utamanya dalam bidang kesenian. “Dan salah satu upaya kami adalah membuat acara, kebetulan suasana liburan,” ujarnya.

Menurut Fadli, pertunjukkan kesenian itu sendiri tidak lain bertujuan untuk menggeliatkan iklim seni di Bondowoso. Sehingga bisa menjadi inspirasi para pemuda lainnya, terutama yang sudah usia SMP dan SMA agar mereka tidak gamang ketika berbicara seni. “Setidaknya bisa menginspirasi, bagaimana dunia seni bagi kaum muda,” ujarnya.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar