E-KTPTAK PERLU DIPERPANJANG

BONDOWOSO – Masa berlaku E-KTP anda habis?  Gak perlu panik atau repot-repot memperpanjang ke dinas terkait. Sebab, E-KTP yang habis masa berlakunya itu tetap bisa digunakan seumur hidup. Beberapa hari ini  dispenduk Capil Bondowoso memang kebanjiran warga yang ingin memperpanjang masa berlaku E KTP. Padahal sesuai edaran mendagri, KTP itu tetap bisa digunakan.

            Pantauan Jawa Pos Radar Ijen, kemarin (16/2) banyak warga yang mengurus administrasi kependudukan tersebut bukan untuk melakukan perekaman E KTP. Mereka mengajukan perpanjangan E KTP. “Iya banyak orang yang mau perpanjangan. Padahal, E KTP itu masa berlakunya seumur hidup,” ujar Kepala Dispenduk Capil Bondowoso Abdul Muthalib.

            Muthalib mengaku E KTP versi pertama keluaran 2011 memang ada masa berlaku dan rata-rata habis masa berlakunya ada yang 2016 ada pula yang 2017. Penghapusan masa berlaku E KTP versi pertama tersebut juga berdasarkan surat edaran Mendagri.  

 Surat edaran mendagri itu berisi perubahan kebijakan dalam penyelanggaraaan administrasi kependudukan. Dimana sesuai UU No 24 Tahun 2013 untuk E KTP warga Indonesia itu berlaku seumur hidup dan tak perlu diperpanjang lagi. Sementara untuk yang rusak, kata dia, bisa melakukan perbaikan lagi. Namun, tetap tidak perlu perekaman E KTP lagi. “E KTP versi pertama ini sudah ada chip yang berisi data-data pemilik,” terangnya.

Meski, sudah diterangkan sedemikian rupa masih banyak warga yang tak mau pakai E KTP lama. Mereka takut untuk mengurusi sesuatu KTP nya tak bisa digunakan, terutama pengajuan kredit di perbankan. Sehingga, tambah Muthalib, terpaksa membeli peralatan cangih untuk merubah tulisan masa berlaku tersebut menjadi seumur hidup. 

Mantan Kepala Dinsos tersebut menambahkan, untuk E KTP versi yang lama mengalami kerusakan diminta bersabar terlebih dahulu. Sebab, untuk server jaringan pusat belakangan ini sering tersendat. Begitu pula dengan membuat E KTP baru, tidak bisa selesai cepat seperti tahun lalu. Mengatasi hal itu, Dispenduk Capil mengeluarkan terlebih dahulu surat E KTP sementara.

Mengeluarkan surat E KTP sementara tersebut pun tidak hanya di Bondowoso saja, hampir seluruh daerah. “Ini memang menasional, harap maklum,” paparnya. Dia menyakinkan kepada pihak desa, instansi pemerintahan serta perbankan bahwa E KTP sementara itu bisa dipakai. “Kalau perbankan mencoba berbicara itu tidak mau pakai surat E KTP sementara, kami sudah berupaya untuk memberikan pelayanan. Tapi memang kondisi sekarang membuat E KTP tidak secepat dahulu,” terangnya. (dwi/wah/jawapos.com)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar