DPRD Jatim Akan Menjembatani

JEMBER – Pimpinan DPRD Jember kemarin siang (24/1) bertemu dengan Pimpinan DPRD Provinsi Jawa Timur. DPRD Jatim pun siap untuk memfasilitasi dan menjembatani polemik APBD Jember 2017. Termasuk juga akan mengumpulkan Gubernur Jawa Timur dan juga Bupati Jember untuk menuntaskan masalah ini.

M. Thoif Zamroni, Ketua DPRD Jember mengaku sudah bertemu dengan Pimpinan DPRD Jawa Timur. Bahkan, mereka ditemui langsung oleh Abdul Halim Iskandar. “Tadi sudah bertemu, dan DPRD Jatim siap untuk memfasilitasi polemik APBD di Jember,” ucap Thoif. Untuk kelanjutan APBD Jember 2017, pihaknya menunggu hasil pertemuan yang difasilitasi DPRD Jawa Timur.

Abdul Halim Iskandar, Ketua DPRD Jatim dalam rekaman pertemuan menuturkan, selama ini di provinsi segala sesuatu harus dibicarakan bersama antara legislatif dan eksekutif. “Tidak ada yang tidak dibicarakan sehingga kondusivitas politik bisa terjaga,” ucapnya.

Halim menjelaskan, terkait hubungan komunikasi antara legislatif dan eksekutif di provinsi Jatim, dapat terjalin dengan baik. Sebab antara eksekutif maupun legislatif dapat saling bersinergi bersama untuk kepentingan masyarakat. Untuk persoalan di Kabupaten Jember, Halim menilai belum ada pemahaman yang sama antara eksekutif dengan legislatif.

Untuk itu, gubernur harus mengambil langkah strategis untuk memediasi DPRD dengan Bupati Jember. Seharusnya Gubernur Jatim sebagai kepanjangan tangan pemerintah pusat segera melakukan langkah konkrit dan strategis untuk masalah ini. “Agar kebersamaan legislatif dan eksekutif yang cukup baik di tingkat propinsi bisa ditularkan ke seluruh kabupaten dan kota,” ucapnya.

Pengaruh dari komunikasi yang baik tersebut, secara tidak langsung juga dapat menjaga stabilitas perekonomian di suatu daerah. Dirinya juga mengingatkan pertumbuhan ekonomi hanya akan terjadi jika kondusivitas politik terjaga dan kunci dari kondusivitas tersebut adalah sinergi antara eksekutif dan legislatif.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar