Yuk..Cegah Penularan HIV/AIDS-TBC
BERITA TERKAIT

JEMBER – Lapas Kelas II A Jember secara khusus mendatangkan Rumah Sakit (RS) Paru Jember dan Puksesmas Jember Kidul kemarin (22/1). Lapas kelas IIA Jember ikut aktif melakukan pencegahan penularan penyakit penular seperti TBC dan HIV/AIDS. Puluhan napi dan tahanan yang berada di lapas kelas IIA Jember menjalani konseling dan pemeriksaan TBC dan HIV/AIDS.

“Ini sebagai salah satu upaya penanggulangan agar penyakit menular tidak menyebar luas,” kata Kasi Pembinaan dan Pendidikan (Binadik) Lapas Kelas IIA Jember Dadang Firmansyah. Karena itu, banyak napi dan tahanan diperiksa satu persatu.

Pria asal Jember itu menjelaskan ada sekitar 80 penghuni lapas yang diperiksa untuk TBC. “Ini pemeriksaan rutin yang diakukan satu bulan sekali. Lapas kelas IIA Jember bekerjsama dengan RS Paru Jember dan Puskesmas Jember Kidul,” ungkapnya.

Pemeriksaan dilakukan tim medis dari RS Paru dan Puskesmas Jember Kidul secara seksama kemarin. “Pemeriksaan dimulai pukul 10.00 berakhir sekitar pukul 14.00. Tim medis sangat serius melakukan pemeriksaan,” imbuhnya.

Selain pemeriksaan juga dilakukan konseling. “Pemeriksaan dalam bentuk konseling perorangan dan edukasi tentang bahaya dan penanggulangan TB, serta pemeriksaan rontgen,” imbuhnya. Tim medis dari RS Paru dan Puskesmas Jember Kidul didampingi petugas lapas kelas IIA Jember.

“Target kami kepada penghuni baru dan penghuni yang akan bebas dalam waktu dekat. Alasan pemilihan pemeriksaan sebagai deteksi awal bagi penghuni baru agar tidak menular, dan penghuni yang akan bebas agar tidak menulari orang lain ketika bebas, lebih ke pencegahan dan edukasi,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, untuk pemeriksaan HIV/AIDS dilakukan oleh tim dari Puskesmas Jember Kidul. “Puskesmas Jember Kidul yang melakukan  pemeriksaan VCT. Pemeriksaan VCT dilakukan terhadap 65 napi atau tahanan lapas kelas IIA Jember,” pungkasnya. (was/aro/jawapos.com)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar