Jember Serius Garap Wisata?

JEMBER - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember harus berani meninggalkan cara-cara konvensional. Hal ini jika ingin menggarap tenpat wisata menjadi unggulan di Jember.

Hal ini disampaikan Juhanda, pengamat wisata Jember menilai bahwa pemkab hanya pandai berpromosi. Seharusnya, wisata yang dipromosikan memiliki keunggulan kompetitif dan komperatif.

Selain itu, pemkab harus kuat mengkaji tentang pasar wisata yang digarapnya. Keunggulan hasil dari kajian mendalam itu yang perlu dioptimalkan. Sehingga, muncul alasan kuat wisatawan luar kota maupun luar negeri datang ke Jember.

Semisal obyek wisata bahari seperti Pantai Watu Ulo dan pantai lain di Jember. Katanya, jika hanya mempromosikan pantai, di daerah lain juga memilikinya.

“Harus ada hal beda yang dibangun. Nilai itu bakal menjadi magnet,” jelasnya. Membangun nilai wisata, butuh kreativitas pemimpin daerah. Tidak boleh pasrah karena kondisi obyek wisata.

Apalagi Watu Ulo yang memiliki nilai legenda. Tinggal dikemas sesuai kebutuhan pasar hasil dari analisa tajam. Hasil penelitian terbarunya, muncul tren baru tentang alasan warga berkunjung ke obyek wisata.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar