Kabupaten Jember merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki potensi besar di bidang pengolahan hasil pertanian. Bahkan Kabupaten Jember dicanangkan sebagai daerah agrobisnis.

Daerah timur laut yang berbatasan dengan Bondowoso dan tenggara yang berbatasan dengan Banyuwangi memiliki ketinggian. Kabupaten Jember berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo, Bondowoso, Banyuwangi, dan Kabupaten Lumajang.

Berdasar hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional Tahun 2011 jumlah penduduk Kabupaten Jember sebesar 2.345.851 jiwa, terdiri dari penduduk laki-laki 1.164.715 jiwa (49,65%) dan penduduk perempuan 1.181.136 jiwa (50,35%). Dengan demikian, rasio jenis kelamin sebesar 98,61% yang berarti setiap 100 penduduk perempuan terdapat 98,61 penduduk laki-laki. Angka kepadatan penduduk mencapai 712 jiwa/km2.

Dibandingkan dengan Tahun 2010, penduduk Kabupaten Jember mengalami kenaikan 0,56% dari tahun 2010 yang sebesar 2.332.726 jiwa.

Perkembangan perekonomian di Kabupaten Jember dapat dilihat pada indikator besaran product domestic regional bruto (PDRB). Kontribusi terbesar dalam membentuk PDRB Kabupaten Jember pada tahun 2009 - 2010 adalah sektor pertanian, yang secara meyakinkan menyumbang berturut-turut 43,7% dan 41,4% dari total PDRB. Keberhasilan sektor ini tidak terlepas dari potensi alam dan lahan yang subur yang telah menjadikan Jember sebagai lumbung padi di Jawa Timur.

Selanjutnya, sektor yang menjadi penyumbang tertinggi terhadap PDRB adalah sektor perdagangan, hotel dan restoran dan sektor jasa-jasa. Besarnya kontribusi dari sektor ini didukung dengan peran dan fungsi Kota Jember sebagai pusat kegiatan wilayah yang melayani Kabupaten Jember, Bondowoso dan Situbondo.

Pertumbuhan ekonomi secara umum di Kabupaten Jember menunjukkan tren yang terus menaik, pada kisaran 6,04%, di mana pertumbuhan tertinggi dihasilkan oleh sektor perdagangan, hotel, dan restoran (9,48%) diikuti sektor bangunan (8,91%) dan sektor industri pengo-lahan (8,37%) Pada Februari 2014 Kabupaten Jember mengalami inflasi sebesar 0,05 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 110,70. Dari delapan kabupaten/kota IHK di Jawa Timur, tercatat semua kabupaten/kota di Jawa Timur mengalami inflasi. Tingkat inflasi tahun ke tahun (Februari 2014 terhadap Februari 2013) Jember sebesar 7,08 persen. Laju inflasi tahun kalender (Desember 2013 - Februari 2014) Kabupa-ten Jember sebesar 1,28 persen.

Pada 2008, sub sektor perhotelan tumbuh sebesar 7,24 %, Kunjungan wisatawan juga mengalami peningkatan sebesar 534.955 orang. Kehidupan umat beragama di Kabupaten Jember penuh dengan kerukunan. Meskipun mayoritas penduduk beragama Islam (97,6%), namun toleransi dan keharmonisan antar umat beragama tetap terjalin.

Sampai tahun 2014 terdapat bebe-rapa investor besar yang masuk antara lain PT Sanyo Sales, PT Indosat Tbk, PT Semen Puger Jaya Raya Sentosa, PT G'seeds, PT Indonesia Indah Tobbaco Citra Niaga, PT Carrefour, dan PT Giant Express. Jumlah investasi sebesar Rp 217,336 miliar, dengan penyerapan tenaga kerja sebanyak 1.523 orang. Selain itu, terdapat pasar tradisional milik Pemerintah Kabupaten Jember 30 pasar umum.

Berbagai kegiatan bertaraf nasional dan internasional beberapa kali digelar di Jember. Antara lain Bulan Berkunjung ke Jember, Jember Fashion Carnaval, Tajemtra, Adventure Trail, Jember City Carnival, Jember Marching Band, dan kegiatan lainnya.

Beberapa hotel berbintang pun mulai dibuka di Jember, seperti Aston Jember Hotel & Conference Center, Royal Hotel N' Lounge, Istana Hotel dan Restaurant, Hotel Bintang Mulia, Hotel Bandung Permai, Hotel Panorama, dan beberapa hotel lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa minat investor terhadap pertumbuhan Jember semakin meningkat.

Perekonomian Jember diprediksi akan tumbuh lebih pesat dengan berope-rasinya Bandara Notohadinegoro. Apalagi maskapai Garuda sudah melakukan uji coba dan sudah bersiap membuka rute penerbangan Surabaya - Jember sebelum pertengahan 2014.

Kawasan Wisata Jember

Kabupaten Jember memiliki banyak tempat wisata yang cukup menarik dan populer terutama wisata pantainya yang sangat indah dan terkenal di Jawa Timur antara lain:

Pantai Watu Ulo merupakan pantai indah yang lokasinya bersebelahan dengan Pantai Papuma. Kedua pantai tersebut berlokasi sekitar 40 km dari pusat kota Jember.

Nama Watu Ulo diambil karena di pantai ini terdapat susunan bebatuan (watu) yang memanjang seperti ular (ulo). Bebatuan tersebut tersusun mulai dari pesisir pantai sampai ke tengah laut.

Pantai Pasir Putih Malikan (PaPuMa) merupakan objek wisata pantai di sekitar Jember yang menyajikan panorama alam yang dapat menenangkan hati. Keindahan panorama tersebut merupakan perpaduan antara keindahan pantai dan hutan yang ada di kawasan wisata seluas 50 Ha.

Pantai Papuma (Pasir Putih Malikan) berada di daerah Ambulu, Kabupaten Jember. Di saat kondisi gelombang laut sedang tenang, aktivitas berenang atau sekadar bermain ombak dapat dilakukan.

Pantai yang landai dengan pasir putih yang bersih membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjungi pantai ini.

Wisata Rembangan terletak di 12 km ke arah utara kota Jember. Objek wisata ini merupakan daerah pegunungan dan biasa digunakan sebagai tempat peristirahatan layaknya Puncak atau Tretes.

Di sekitar objek wisata Rembangan terhampar perkebunan buah naga, perkebunan kopi dan pusat penelitian tanaman anggrek.

Selain pemandangan yang indah dan perkebunan, terdapat beberapa fasilitas pendukung yang bisa dijadikan sarana rekreasi keluarga seperti kolam renang, hotel, taman bermain, restaurant, area perkemahan, dan masih banyak lagi.

Pantai Bandealit adalah salah satu objek wisata alam yang ditawarkan di Taman Nasional Meru Betiri. Kawasan taman nasional ini berada di bagian selatan Kabupaten Jember.

Daya tarik utama dari lokasi wisata ini adalah pantai indah dengan pasir yang putih dan suasana yang asri. Pantai Bandealit merupakan sebuah pantai yang eksotis.

Di pantai ini dapat dilakukan beberapa aktivitas olahraga air seperti body surfing. Di bagian timur pantai terdapat muara sungai yang bentuknya seperti danau dengan tumbuhan bakau (mang-rove) yang semakin menambah eksotisme pantai ini.

Dan ini dapat dicoba berbagai aktivitas seperti menyusuri sungai menggunakan speedboat, kano, atau mengamati burung yang banyak hidup di kawasan tersebut.

Selain pantai, terdapat beberapa objek wisata seperti penangkaran rusa timor dan Green House yang di dalamnya terdapat koleksi tanaman bunga anggrek.

Pantai Puger merupakan sebuah pantai yang terletak sekitar 15 km dari Ambulu. Pantai ini sangat terkenal di kalangan masyarakat Jember, kebanyakan dari mereka yang berkunjung ke kawasan ini adalah remaja muda.

Pantai ini memang menjadi salah satu pilihan untuk tempat bersantai dan menghibur diri sambil menikmati keindahan pemandangan yang disuguhkan di pantai ini.

Wisata Perjalanan Lori. Wisata ini dikelola oleh Perumka Daop X Jember dari Garahan ke Terowongan Merawan.

Terowongan Merawan adalah terowongan Kereta Api terpanjang di Indonesia yang merupakan peninggalan kolonial Belanda untuk Indonesia.

Paket wisata ini mengantarkan wisatawan untuk menikmati agrowisata Gunung Kumitir berikut perkebunan kopinya dan agrowisata terpentin, yaitu bahan pembuat cat.

Bagi wisatawan Eropa yang memiliki kenangan masa lampau di Indonesia, wisata Lori ini merupakan nostalgia tersendiri bagi mereka. Ditambah lagi, pemandangan yang indah di sela-sela perjalanan akan memberikan sentuhan dramatis bagi siapa saja yang mengikuti tour ini.

Taman Botani, merupakan salah satu objek wisata alternatif di Jember. Dengan konsep wisata alam yang mengusung tema pendidikan, taman ini mencoba meng-ajak masyarakat dan wisatawan yang datang untuk lebih mencintai lingkungan. Terletak sekitar 11 kilometer ke arah barat Alun-Alun Jember. Taman ini menyuguhkan kombinasi antara berbagai jenis tumbuhan yang ada dengan kompleks kolam renang, lembah, dan hamparan sawah yang hijau. Perpaduan tersebut menjadi daya tarik utama lokasi wisata ini. Selain itu, bisa dijumpai kebun herbal dengan 300 jenis tanaman obat-obatan berbeda. Ada pula penangkaran hewan di mana di dalamnya terdapat berbagai spesies hewan seperti kalkun, rusa, cenderawasih, angsa, merpati, merak, dan hewan lainnya.

Agrowisata Tembakau. Kabupaten Jember merupakan salah satu kabupaten penghasil tembakau terbesar di Jawa Timur. Dalam perkembangannya, kebun-kebun tembakau ini tidak hanya dijadikan sebagai tempat pembudidayaan tembakau tapi juga dijadikan objek wisata. Salah satu contoh agrowisata tembakau yang berkembang di Jember adalah Wisata Agro Tembakau Jember Besoeki Na Oogst. Daerah wisata ini berada di Desa Ajung, Kecamatan Jenggawah. Agrowisata milik PT Perkebunan Nusantara IX ini dikembangkan pada lahan seluas 1.000 Ha. Daya tarik utama yang ditawarkan pada objek wisata ini adalah perkebunan tembakau, gudang pemeraman, sortir, dan pengepakan serta proses pembuatan cerutu hand made, Indopura Cigar. Terdapat juga toko cerutu dan toko souvenir hasil kerajinan khas Jember.

Air Terjun Tancak. Air terjun ini terletak di 16 km arah barat daya kota Jember. Suasana yang hijau di sekitar air terjun membuat kunjungan akan semakin meng-asyikkan, melewati jalan setapak kurang lebih empat kilometer. Selama perjalanan menuju ke air terjun, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang eksotis dari agrowisata Kebun Kopi Gunung Pasang, dengan dramatis pemetik kopi di sana-sininya. Air Terjun Tancak memiliki ketinggian 82 m dan debit air 150 meter kubik per detik, dan memiliki lintasan pendakian yang aman. Patut dikunjungi bagi mereka yang suka akan tantangan alam.