Kabupaten Bondowoso adalah salah satu kabupaten dalam lingkup Provinsi Jawa Timur. Bondowoso terletak di sebelah timur Pulau Jawa, dan termasuk dalam kawasan daerah Tapal Kuda.

Kabupaten Bondowoso memiliki luas 1.560,10 km2. Secara geografis Kabupaten Bondowoso mempunyai batas-batas wilayah sebelah utara adalah Kabupaten Situbondo, sebelah timur Kabupaten Situbondo dan Banyuwangi, sebelah selatan Kabupaten Jember, dan sebelah barat Kabupaten Probolinggo dan Situbondo.

Wilayah administrasi Kabupaten Bondowoso terbagi atas 23 kecamatan, 10 kelurahan, dan 209 desa. Jumlah penduduk Kabupaten Bondowoso tahun 2012 sebesar 745.948 jiwa, terdiri dari 362.549 laki-laki dan 383.399 perempuan. Sex ratio penduduk Kabupaten Bondowoso pada 2012 adalah 94.56, artinya setiap 100 penduduk perempuan terdapat 94 penduduk laki-laki.

Hasil Sensus Pertanian 2013, di Bondowoso terdapat 148.681 unit usaha pertanian. Pada tahun 2013 sebanyak 148.665 unit usaha rumah tangga pertanian dan 16 unit usaha pertanian dikelola oleh perusahaan pertanian. Populasi sapi dan kerbau hasil Sensus Pertanian 2013 sebanyak 150.178 ekor.

Pertumbuhan ekonomi Bondowoso tahun 2012 mencapai 6,45%. Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten Bondowoso tahun 2012 adalah sebesar 8.828.956,68 juta rupiah. Perekonomian Bondowoso tahun 2012 sebanyak 43,61% ditopang oleh sumbangan Sektor Primer (Pertanian dan Penggalian). Sementara Sektor Sekunder (Manufaktur) menyumbang 18,22%, sehingga sisanya (37,63%) merupakan sumbangan Sektor Tersier (jasa-jasa).

Kawasan Wisata Bondowoso

Air Terjun Blawan terletak di Desa Kalianyar Kecamatan Sempol, ±52 km dari pusat Kota Bondowoso, air terjun ini adalah hilir dari kali pahit rembesan Kawah Ijen yang penuh dengan kadar belerang serta dikelilingi oleh tumbuhan macadamia. Selain Air Terjun Blawan juga terdapat pemandian air panas yang juga termasuk di kawasan Air Terjun Blawan. Ada beberapa fasilitas di sini antara lain: shelter dan hotel.

Air Terjun Polo ini terletak di Desa Sukorejo Kecamatan Sumber Wringin, ±40 km sebelah timur Kota Bondowoso. Air terjun ini terletak di areal perkebunan milik masyarakat, ini adalah wisata yang baru dibuat dan dibangun pada 2003 dan dikelola oleh Dinas Pariwisata Seni dan Budaya. Ketinggian air terjun ini ±30m yang memiliki keindahan alami dan pemandangan yang indah. Juga terdapat lembah hijau yang tidak terlalu luas. Air terjun ini dilengkapi pula oleh tiga buah shelter yang ditempatkan di sekeliling lokasi. Para Wisatawan dapat mengunjungi tempat ini dengan menggunakan sarana transportasi umum, tetapi untuk mencapai lokasi air terjun harus berjalan kaki.

Wana Wisata Air Terjun Tancak Kembar Andongsari yang terletak di Desa Andongsari, Kecamatan Pakem sekitar 25 km arah barat dari kota Bondowoso. Tinggi tebing air terjun ini 77 meter yang berhawa sejuk terdapat pada kawasan hutan lindung dengan ketinggian 900 m dpl. Pemanfaatan air terjun sampai saat ini tidak hanya untuk tempat rekreasi saja, akan tetapi untuk sarana irigasi, bahkan menurut masyarakat setempat, orang yang mandi di sini dapat menambah awet muda. Lokasi objek ini didukung oleh panorama alam yang indah dan menawan untuk dinikmati oleh pengunjung, serta didukung adanya pusat penelitian kopi arabica dan cacao seluas 180 Ha.

Bosamba Rafting. Salah satu objek yang termasuk dalam wisata minat khusus di Kabupaten Bondowoso adalah arung jeram. Objek wisata yang tengah dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Bondowoso ini menyajikan olahraga wisata dengan keindahan alam yang dilalui sepanjang perjalanan membuat daerah ini tidak hanya ingin dinikmati oleh masyarakat Bondowoso saja, akan tetapi para pencinta olahraga arung jeram dari daerah lain juga tidak ketinggalan untuk menikmatinya. Akses menuju tempat ini sangat mudah karena dapat di lewati oleh transportasi umum.

Gunung Raung termasuk dalam deretan Pegunungan Ijen, tepatnya di Desa Sumber Wringin, Kecamatan Sumber Wringin. Gunung Raung memiliki pemandangan yang menarik serta hamparan flora dan berbagai jenis satwa. Wisata ini sangat menarik dan menantang, khususnya wisatawan yang menggemari pendakian gunung. Gunung ini terletak pada ketinggian 3.332 m dpl bertipe stratovolcano dengan titik koordinat 8o 07,5' LS dan 114o 02,5' BT. Hutan yang terdapat di Raung meliputi kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Gunung ini juga merupakan gunung kawah terbesar kedua di Indonesia setelah Gunung Tambora yang memiliki diameter sekitar ± 2 km. Para Wisatawan dapat memulai pendakian dari POS I (Pesanggrahan Sumber Wringin) yang dilengkapi dengan sejumlah pemandu wisata yang siap melayani wisatawan.

Kawah Ijen terletak di puncak Gunung Ijen yang merupakan salah satu dari rangkaian gunung berapi di Jawa Timur seperti Bromo, Semeru, dan Merapi. Gunung Ijen terletak di sebelah timur Gunung Merapi (di Jawa Timur juga terdapat gunung yang memiliki nama yang sama dengan gunung di Jawa Tengah yaitu Merapi). Kawasan Wisata Kawah Ijen atau Cagar Alam Taman Wisata Ijen terletak di wilayah Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dan Kecamatan Klobang, Kabupaten Bondowoso.

Kawah Ijen terletak di ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut. Yang menarik adalah kawah ini terletak di tengah kaldera yang terluas di Pulau Jawa. Ukuran kaldera sekitar 20 kilometer. Ukuran kawahnya sendiri sekitar 960 x 600 meter dengan kedalaman 200 meter. Kawah ini terletak di kedalaman lebih dari 300 meter di bawah dinding kaldera.

Kawah Ijen merupakan salah satu kawah paling asam terbesar di dunia, yaitu mendekati nol sehingga bisa melarutkan tubuh manusia dengan cepat. Selain itu, suhu kawah yang mencapai 200 derajat celcius menambah takjub akan kawah yang sangat besar ini. Namun, di balik angka-angka yang membuat rasa takut tersebut, ternyata kawah ini menyajikan pesona keindahan yang juga menakjubkan. Kawah ini merupakan danau yang besar berwarna hijau kebiruan dengan kabut dan asap belerang yang sangat memesona. Selain itu, udara dingin dengan suhu 10 derajat celcius, bahkan bisa mencapai suhu 2 derajat celcius, akan menambah sensasi tersendiri. Berbagai tanaman yang hanya ada di dataran tinggi juga dapat Anda temukan, seperti Bunga Edelweis dan Cemara Gunung.

Salah satu yang menjadi perhatian pengunjung di kawasan Kawah Ijen adalah adanya penambang belerang tradisional. Mereka berani mendekati danau untuk menggali belerang dengan peralatan sederhana lalu dipikul dengan keranjang.

Kawasan Wisata Situs Megalithikum. Sarkopage adalah salah satu dari situs megalitikum yang lebih dikenal dengan nama keranda terbuat dari batu atau sejenis batu cadas. Berbentuk lesung atau palung, tetapi ada tutupnya. Fungsinya sama dengan kuburan batu/dolmen. Sarkopage terdapat di beberapa desa antara lain; Desa Glinseran, Kecamatan Wringin. Tepatnya ± 19 km arah barat Kota Bondowoso.

Pemandangan Arak-Arak. Objek wisata ini terletak di jalur antara Surabaya - Bondowoso, tepatnya di Desa Sumber Canting Kecamatan Wringin dengan ketinggian ± 345 m dpl. Wisatawan dapat menikmati udara segar serta dapat melihat panorama alam yang memesona. Wisatawan dapat mengunjungi tempat ini dengan menggunakan transportasi umum.

Taman Pemandian Tasnan terletak di Desa Taman, Kecamatan Grujugan, ± 8 km dari Kota Bondowoso. Pemandian ini memiliki kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung serta mudah dikunjungi dengan menggunakan transportasi umum. Tempat ini juga dilengkapi dengan beberapa sarana antara lain shelter, ruang ganti, musala, panggung hiburan, dan taman tempat beristirahat.

Wisata Agro Perkebunan Arabica. Agrowisata ini dikelola oleh PTP Nusantara XII Kalisat Jampit, terletak ±57 km ke arah timur Kabupaten Bondowoso. Luas areal perkebunan ini, ±4.000 Ha dan terletak pada ketinggian 900 m dpl. Setiap wisatawan dapat menyaksikan dan menikmati keindahan panorama alam serta menyaksikan proses pengepakan kopi, panen kopi dan pabrik kopi, proses pengering-an kopi dan proses penggilingan kopi sehingga menjadi kopi instan siap saji yang memiliki rasa dan aroma khas kopi arabika.

Selain itu para wisatawan dapat menggunakan beberapa fasilitas antara lain: kebun bunga mawar dan lily, arena pemancingan, tempat perapian di Guest House Jampit I, Arabika Homestay Jampit II, kolam renang, ruang pertemuan, hiburan, istirahat minum kopi, dilengkapi dengan lapangan tenis. Lahan yang luas dapat digunakan untuk bersepeda santai dan arena wisata mobil.

Jumlah hotel di Kabupaten Bondowoso terdiri dari sebelas hotel. Salah satunya berkelas bintang tiga, yaitu Hotel Ijen View di Jl. Ki S Mangunsarkoro. Enam hotel di kota Bondowoso yaitu Palm, Anugrah, Baru, Slamet, Kinanti, Grand, serta empat di luar kota Bondowoso yaitu Arabica, Catimore, Jampit, dan Wisata Asri.

Sedangkan bank yang ada di Kabupaten Bondowoso meliputi BRI, BNI, Bank Mandiri, dan Bank Jatim. Bank swasta nasional meliputi BTPN, Bank Buana, Danamon Simpan Pinjam, Bukopin, dan Bank Central Asia. BRI Unit berjumlah 13 serta BPR berjumlah lima unit yakni BPR Bintang Mas, Delta, Manuk Ayu, Manukwari, dan Sari Dinar Mas.